Ayo bergabung bersama Kami, Komunitas Sehat Synergy!

Misi kami sangat sederhana, yaitu membantu Anda mendapatkan kesehatan berkualitas sekaligus memberikan kesempatan kepada Anda untuk membantu banyak orang menjadi lebih sehat. Sebuah misi mulia yang akan membuat dampak besar kepada hidup Anda dan lingkungan orang-orang yang Anda cintai. Saatnya Anda buat hidup Anda lebih bermakna dan bermanfaat buat hidup banyak orang.


Artikel Kesehatan

Terapi Nutrisi, Langkah Sehat Sembuh Lebih Cepat

Lebih dari tiga dekade, ilmu kedokteran tidak banyak menyinggung tentang pentingnya pengaturan pola makan atau diet untuk membantu proses penyembuhan pasien mereka. Bahkan di negara-negara berkembang, istilah makan sehat hanya berarti sebagai usaha agat perut tidak kelaparan.

Ironisnya, ilmu kedokteran kala itu sebenarnya sudah mengetahui bahwa antara pola makan dan proses penyembuhan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Ilmu kedokteran juga sudah mengetahui bahwa pola makan tidak sehat juga menjadi penyebab munculnya penyakit seperti beri-beri, gondok dan sariawan.

Memang pada saat itu belum banyak penelitian ilmiah yang dilakukan, terutama tentang pengaruh makanan bagi kesehatan dan untuk pengobatan penyakit tertentu.

Manfaat penting nutrisi sebagai sahabat bagi para pasien baru disadari setelah Dr. Linus Pauling seorang dokter yang juga ahli kimia asal Amerika memperkenalkan konsep pengobatan ortomolekuler, yakni metode penggunaan vitamin untuk mempercepat proses penyembuhan pasien.

Awalnya Dr. Linus menggunakan Vitamin C untuk mencegah dan meredakan penyakit flu dan batuk. Kemudian ia mulai tertarik dengan bidang ortomolekuler psikiatri, dan mulai mengkombinasikan Vitamin C dengan Vitamin B kompleks (B1, B2, B12) untuk mendapatkan efek penyembuhan yang lebih dahsyat lagi. Metode ini kemudian menjadi cikal bakal munculnya terapi nutrisi untuk pengobatan penyakit dan menjadi semakin populer.

Berdasarkan kesepakatan antara Committee on Nutrition Education, Agricultural Research Service, Department of Agriculture, Nutrition Program News, konsep dasar nutrisi adalah sebagai berikut:

  1. Nutrisi adalah makanan yang dikonsumsi untuk bertahan hidup, tumbuh, berkembang dan sebagai sumber energi untuk beraktivitas.
  2. Seluruh nutrisi yang dibutuhkan tubuh terdapat dalam makanan
  3. Lebih banyak jenis dan kombinasi makanan itu lebih menjamin keragaman nutrisi yang seimbang
  4. Tidak ada satu jenis makanan saja yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh untuk tumbuh berkembang dan sehat
  5. Setiap nutrisi memiliki manfaat khusus bagi tubuh.
  6. Secara umum, satu nutrisi akan memberikan manfaat terbaik bila digabungkan dengan nutrisi lain sebagai pendukungnya, dan sebaliknya mungkin bisa tidak berfungsi dengan baik bila berada di dalam lingkungan nutrisi yang menghambatnya.
  7. Cara penanganan makanan dapat mempengaruhi jumlah dan kualitas kandungan nutrisi, keamanan, penampilan dan rasa. Penangan makanan meliputi, proses menanam, pengolahan, panen, cara memasak hingga menjadi makanan yang siap disajikan.
  8. Setiap orang membutuhkan komposisi nutrisi yang sama, tetapi berbeda dalam segi jumlah, sesuai dengan kondisi dan situasi tertentu yang dialaminya. Jumlah kebutuhan nutrisi ditentukan oleh faktor usia, jenis kelamin, tubuh, aktivitas dan kondisi kesehatan seseorang.

Joseph Pizzorno, N.D., pakar pengobatan alami sekaligus penulis buku Textbook of Natural Medicine and Encyclopedia of Natural Medicine menjelaskan cara kerja kelompok nutrisi sebagai obat. Menurutnya, seluruh proses tergantung pada enzim yang berfungsi membantu proses reaksi kimia agar sel-sel organ tubuh dapat bekerja dengan baik.

Semakin baik sel-sel tersebut berfungsi, semakin sehat dan kuat daya tahan tubuh seseorang. Untuk itu diperlukan mikoronutrien sebagai komponen pembentuk enzim, penghalang racun perusak enzim dan sebagai salah satu proses perbaikan sel genetik yang menghasilkan enzim tersebut.

Pengobatan dengan Terapi Nutrisi

Terapi nutrisi diperlukan untuk mengembalikan keseimbangan fungsi tubuh yang terganggu akibat kekurangan nutrisi. Biasanya kondisi ini disebabkan pola makan yang buruk dan stres yang tinggi. Gangguan tersebut dapat berupa:

  1. Penurunan sistem kekebalan tubuh yang berakibat pada tubuh mudah terkena penyakit yang disebabkan virus, jamur dan bakteri.
  2. Keracunan akibat metabolisme yang kurang baik, sehingga dapat terjadi radang usus dan radang hati.
  3. Gangguan pada sistem anti-radang sehingga tubuh bereaksi berlebihan dan nampak sebagai gejala alergi.
  4. Gangguan hormonal, seperti gangguan fungsi seksual dan keluhan pada saat menopause.
  5. Mengalami penuaan dini seperti kulit yang nampak keriput dan rambut memutih sebelum waktunya akibat stres yang terlalu tinggi.
DAPATKAN ARTIKEL KESEHATAN DAN DETOX GRATIS!