Ayo bergabung bersama Kami, Komunitas Sehat Synergy!

Misi kami sangat sederhana, yaitu membantu Anda mendapatkan kesehatan berkualitas sekaligus memberikan kesempatan kepada Anda untuk membantu banyak orang menjadi lebih sehat. Sebuah misi mulia yang akan membuat dampak besar kepada hidup Anda dan lingkungan orang-orang yang Anda cintai. Saatnya Anda buat hidup Anda lebih bermakna dan bermanfaat buat hidup banyak orang.


Artikel Kesehatan

Makanan nol kalori yang malah bikin tubuh cepat gemuk

Demi tercapainya berat badan ideal, banyak orang yang sengaja untuk makan makanan rendah kalori. Tidak ada yang salah dengan menjalani diet rendah kalori. Tapi Anda juga perlu berhati-hati dalam memilih jenis makanannya. Sebab, ada beberapa makanan yang tergolong sebagai makanan nol kalori alias empty calorie, yang diam-diam dapat menggagalkan rencana diet Anda, bahkan hingga mengancam kesehatan tubuh. Apa saja makanan nol kalori yang harus dihindari?

 

Makanan nol kalori tak semuanya baik untuk tubuh

Kalori pada dasarnya adalah energi. Tubuh membutuhkan kalori untuk hidup. Kalori yang Anda dapatkan dari makanan akan diubah oleh tubuh menjadi energi dan akan digunakan saat Anda melakukan aktivitas. Tanpa energi dari kalori, sel-sel dalam tubuh kita akan mati, termasuk jantung yang dapat berhenti berdetak. Meski demikian, kelebihan kalori yang tidak digunakan akan disimpan dalam tubuh. Lama-kelamaan kalori yang “nganggur” ini akan diubah menjadi lemak dan berujung pada kenaikan berat badan.

Itu sebabnya banyak orang yang memilih untuk melahap makanan rendah kalori untuk menghindari bertambahnya berat badan. Namun, beberapa makanan nol kalori bukan tergolong makanan sehat yang patut dimasukkan ke dalam rencana diet Anda. Pasalnya meski nol kalori, makanan ini tidak mengandung gizi seimbang yang dibutuhkan tubuh — malah mungkin juga sama-sama nol!

Selain rendah nutrisi, makanan atau minuman yang digolongkan sebagai empty calorie biasanya merupakan jenis asupan tinggi karbohidrat sederhana yang diam-diam dapat menyebabkan seseorang mengalami kelebihan kalori. Makanan nol kalori pada umumnya merupakan makanan olahan dan minuman manis.

Kelebihan kalori akibat mengonsumsi makanan-makanan ini lama kelamaan akan menyebabkan berat badan semakin naik, sementara juga meningkatkan risiko Anda terhadap berbagai macam penyakit kronis. Misalnya saja, diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung.

 

Daftar makanan nol kalori yang harus Anda hindari

Untuk mengetahui makanan apa saja yang termasuk makanan nol kalori, Anda perlu membaca label informasi nilai gizinya. Bandingkan jumlah kalori dan kandungan lemak jenuh dan gula tambahan serta kandungan nutrisi lainnya seperti protein, vitamin dan mineral.

Ada tiga kategori makanan yang termasuk nol kalori. Antara lain:

  • Asupan tinggi gula – gula merupakan jenis karbohidrat sederhana dan merupakan jenis makanan dengan jumlah kalori yang tinggi. Kadar gula yang tinggi terdapat dalam:
    • Fast food
    • Makanan olahan atau makanan kemasan
    • Produk olahan susu
    • Bahan penambah rasa (condiments)
    • Soft drink
    • Jus buah kemasan
  • Asupan tinggi lemak – berbeda dari lemak sehat seperti dari alpukat, kacang-kacangan, ikan dan daging, jenis asupan ini tergolong tinggi lemak jenuh yang sedikit mengandung nutrisi tambahan untuk tubuh. Lemak jenuh biasanya tersimpan dalam keadaan padat pada suhu ruang seperti mentega, margarin dan mentega putih (vegetable shortening). Asupan tinggi lemak tersebut terdapat pada:
    • Kue basah dan pie
    • Kue kering, muffin dan biskuit
    • Krakers dan keripik
    • Makanan fast food
    • Pizza
    • Berbagai macam daging olahan seperti sosis, bacon dan daging ham.
  • Miuman beralkohol – selain dari makanan manis dan berlemak, kalori ekstra dapat berasal dari minuman beralkohol. Jenis minuman ini biasanya sebagian besar mengandung karbohidrat sederhana, dan sedikit zat tambahan lainnya. Karbohidrat dalam bentuk cair dapat dengan mudah diserap tubuh dan dengan cepat menaikkan asupan kalori. Minuman beralkohol juga biasanya dicampur dengan sirup dan bahan tambahan lainnya yang tinggi kandungan gula.

 

Tips mengurangi asupan empty calorie

Membatasi asupan kalori dapat dilakukan dengan hanya mengganti jenis makanan yang dikonsumsi. Dengan adanya perubahan konsumsi jenis makanan maka mencegah kegemukan di masa mendatang. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi konsumsi makanan nol kalori yang tidak sehat:

  • Pilih makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah, sayuran, gandum utuh, kacang-kacangan dan protein yang berasal dari daging hewan.
  • Kurangi makanan olahan dan sebagai gantinya utamakan untuk mengonsumsi makanan yang dimasak di rumah.
  • Perhatikan kandungan makanan olahan sebelum membeli, seperti jumlah kalori dan carilah kandungan nutrisi seperti protein, asam amino, serat, antioksidan, vitamin dan mineral terutama kalsium, magnesium dan potassium.
  • Perhatikan asupan dan rencana pola makan dalam hitungan hari atau satu minggu.
  • Ubah kebiasaan konsumsi minuman. Sebisa mungkin cobalah konsumsi minuman seperti air mineral, teh dan kopi atau minuman lainnya tanpa gula saat membeli minuman di luar rumah.
  • Sediakan camilan bernutrisi seperti kacang atau sayuran. Jika Anda menginginkan suatu yang manis cobalah mengonsumsi buah sebelum mengonsumsi makanan manis. KAF/TS
DAPATKAN ARTIKEL KESEHATAN DAN DETOX GRATIS!